Rabu, 29 Maret 2017

Bengkuang si umbi ajaib

Tags

Beberapa manfaat kesehatan dari bengkuang termasuk kemampuannya untuk membantu mencegah dari penyakit obesitas, mengoptimalkan fungsi pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah berbagai jenis kanker, meningkatkan tingkat energi tubuh, membantu mencegah diabetes, membangun tulang yang kuat, meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan fungsi otak.

Bengkuang merupakan sayuran berakar yang berasal dari Amerika tengah dan Amerika Selatan, dan telah digunakan selama ribuan tahun sebagai bahan makanan dan bahan untuk pengobatan dan kecantikan. Nama “jicama” juga merupakan nama dari pohon anggur dari sayuran ini, meskipun akar berbonggol adalah bagian yang paling sering dimakan. Beberapa nama lain untuk bengkoang termasuk ubi Meksiko, atau lobak Meksiko. Dalam hal nama ilmiah, sayuran akar ini diklasifikasikan sebagai bengkuang.

Akar itu sendiri dapat tumbuh hingga panjang dua meter, dan beratnya bisa mencapai 20 kg, meskipun bisa mencapai ukuran ekstrim. Bengkoang membutuhkan antara 6-9 bulan dari waktu pertumbuhan pada cuaca dingin, sehingga dibudidayakan di cuaca hangat, membuat Meksiko dan daerah sekitarnya yang ideal Amerika. Pertumbuhan bengkoang dimulai di Meksiko tapi segera pindah ke Filipina, dan dari sana menuju ke China dan bagian lain di Asia Tenggara termasuk indonesia. Bengkoang tidak populer dengan campuran untuk makanan pokok.

Bentuk dari bengkoang mirip dengan kentang atau pir dalam hal konsistensi dan warna. Seperti kebanyakan sayuran berakar, bengkoang sarat akan zat pati, seperti varietas kentang lainnya. Bengkoang paling sering dimakan mentah-mentah tanpa harus dimasak terlebih dahulu, mungkin dibumbui dengan berbagai rempah-rempah atau jus buah terasa lebih enak, serta dibuat sedikit cabai bubuk akan terasa nikmat. Bengkkoang ini juga bisa dimasak dalam sup dan masakan tumisan, tetapi beberapa manfaat kesehatan yang sedikit menurun dengan melakukan cara seperti itu. Bengkuang juga dapat dikeringkan menjadi irisan seperti kentang goreng dan digunakan pada campuran nasi goreng. Dalam bengkoang juga bisa ditambahkan ke campuran salad dan diris tips, sedangkan akar dari bengkoang sangat bermanfaat dan lezat.

Sekarang, mari kita menjelajahi unsur-unsur gizi yang membuat bengkoang begitu penting untuk kesehatan.
Bengkuang si umbi ajaib, manfaat kesehatan bengkuang
Bengkuang

Nilai gizi dari Bengkoang

Manfaat kesehatan bengkoang terutama berasal dari campuran unik dari vitamin, mineral, fitonutrien, dan senyawa organik lainnya, termasuk serat makanan yang banyak, vitamin C, vitam E, folat, vitamin B6, asam pantotenat, potasium, magnesium, mangan, tembaga, zat besi, dan sejumlah kecil protein. Mari kita lihat bagaimana unsur-unsur gizi ini memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Manfaat kesehatan dari bengkoang

Pencernaan: Salah satu zat yang paling penting dari bengkoang mengandung serat makanan yang tinggi. Serat makanan membantu untuk meningkatkan fungsi pencernaan, sehingga membantu makanan yang sudah dimakanbergerak melalui saluran pencernaan dan mengurangi kondisi seperti sembelit. Selain itu, bengkuang merupakan sumber yang kaya akan serat larut tertentu yang disebut oligofructose inulin, yang rasanya manis, karbohidrat lembam yang memetabolisme menjadi gula sederhana. Berarti untuk pasien diabetes, bengkuang dapat menjadi makanan yang bagus untuk mengkonsumsi beberapa makanan manis tanpa khawatir tentang fluktuasi gula darah yang biasanya meningkat.

Sistem kekebalan tubuh: Ada jumlah yang sangat besar dari vitamin C yang ditemukan pada bengkoang yaitu sekitar 100 gram bengkuang adalah sekitar 40% dari kebutuhan harian untuk asam askorbat. Vitamin C merupakan bagian penting dari kesehatan sistem kekebalan tubuh kita dan merangsang sel-sel darah putih, yang merupakan jalur pertahanan tubuh terhadap penyakit. Membasmi bakteri, virus, jamur, atau penyakit patogen, zat yang terkandung didalam bengkoang sangat b aik untuk tubuh. Juga, potensi antioksidan dari vitamin C dapat membantu dalam memerangi kanker dengan menetralisir efek radikal bebas yang berkaitan dengan penyakit jantung dan kanker. Radikal bebas yang ditemukan dalam tubuh sebagai akibat dari metabolisme sel yang tercemar racun.


Mengatur tekanan darah: Sebagai sumber yang kaya kalium, bengkoang dapat membantu mengatur tekanan darah, karena merupakan vasodilator dan mengurangi ketegangan pada pembuluh darah dan arteri, sehingga menurunkan stres pada sistem kardiovaskular. Kalium juga penting untuk menjaga keseimbangan cairan yang bertentangan dengan natrium di seluruh tubuh, dengan demikian  mengkonsumsi bengkoang akan menjaga tubuh kita dari dehidrasi.

Melencarkan sirkulasi darah: Jumlah yang signifikan dari zat tembaga dan besi yang ditemukan di bengkoang membuatnya aktif menjaga kesehatan sistem peredaran darah, karena dua mineral ini adalah elemen penting dari sel darah merah. Tanpa komponen-komponen zat ini, orang akan menderita anemia dan mengalami darah rendah.

Memaksimalkan fungsi otak: Vitamin B6 sering dikaitkan dengan peningkatan fungsi otak dan bengkuang memiliki vitamin ini dalam jumlah yang besar. Selain itu, vitamin B6 adalah berfungsi untuk merubah protein menjadi  asam amino yang dapat digunakan dan bentuk lain dari protein bagi manusia. Ini memaksimalkan proses metabolisme dan efisiensi dari berbagai sistem organ.

Membuat tulang jadi kuat: Tingkat mineral seperti mangan, magnesium, besi, dan tembaga yang ditemukan pada bengkoang. Akar sayuran ini dapat menjadi pendorong utama bagi kepadatan mineral tulang kita. Mineral ini sangat penting untuk membangun tulang yang kuat, tulang baru dan penyembuhan kerusakan tulang yang ada. Dengan mengkonsumsi bengkoang berguna untuk mencegah timbulnya kondisi seperti osteoporosis, yang diderita oleh orang dari seluruh dunia.

Pengingat: Akar dari bengkoang bisa dikonsunsi tapi sisa tanaman ini sangat beracun. Hati-hati untuk tidak makan biji polong, daunnyya, atau tanaman merambat lain.

Demikianlah segudang manfaat dari mengkonsumsi bengkoang untuk kesehatan, terimakasih telah membaca. Semoga bermanfaat.

5 komentar

lengkap banget informasinya, bisa untuk referensi..makasih

Nice Info Min. Sangat Bermanfaat Untuk kesehatan :)

wah ane sering ngerujak nih :3

nilai gizinya banyak juga ya, kirain cuma buat kulit doang ehehe


EmoticonEmoticon