Kamis, 16 Maret 2017

Buah bit untuk mencegah kanker

Zonacerdas.com - Manfaat kesehatan dari buah bit termasuk untuk pengobatan anemia, gangguan pencernaan, sembelit, wasir, gangguan ginjal, mencegah ketombe, gangguan kandung empedu, kanker, dan penyakit jantung. Buah bit juga membantu untuk mencegah degenerasi makula, meningkatkan sirkulasi darah, membantu dalam perawatan kulit, mencegah katarak dan mengatasi masalah pernapasan. Berbagai macam manfaat kesehatan termasuk dari akar sampai daunnya terdapat banyak nutrisi, vitamin dan mineral yang berlimpah.

Buah bit seperti yang sering disebutkan lebih mirip seperti ubi jalar, tetapi rasa dan manfaatnya sangat berbeda.  Buah bit termasuk dalam keluarga Chenopodiaceous. sejarah dari buah ini sebenarnya sudah ada pada zaman kuno, dan tanda-tanda awal dari budidayanya ada sekitar 4.000 tahun yang lalu di wilayah Mediterania. Dari sana, buah bit mungkin diangkut ke daerah Babel, dan pada abad ke-9 sudah masuk ke dalam budaya dan masakan Cina. Dan buah ini telah lama dikaitkan dengan seksualitas dan telah digunakan sebagai penambah gairah seksualitas selama ribuan tahun.

Buah bit sering ditambahkan sebagai bahan makanan untuk salad, sup, acar dan juga digunakan sebagai pewarna makanan alami. Meskipun buah bit tersedia sepanjang tahun tetapi masih dianggap sebagai sayuran musiman. Selain penggunaannya sebagai bahan makanan pokok, buah bit lebih cocok di gunakan untuk pelengkap.
Buah bit untuk mencegah kanker
Buah bit

Nilai gizi yang terkandung dalam buah bit

Buah bit memiliki berbagai macam manfaat kesehatan karena kandungan gizi yang beragam, termasuk vitamin, mineral, dan senyawa organik seperti karotenoid, lutein atau zeaxanthin, glisin, betaine, serat makanan, vitamin C, magnesium, zat besi, tembaga dan fosfor, sementara juga menjadi sumber flavonoid yang bermanfaat disebut anthocyanin. Buah bit sangat rendah kalori, tanpa kolesterol, tetapi memiliki kadar gula tertinggi dari semua sayuran.

Manfaat kesehatan dari buah bit untuk tubuh

Akar dan daun bit memiliki banyak kegunaan untuk obat, meliputi:

Baik untuk Kesehatan Jantung: Serat buah beet membantu mengurangi kolesterol dan trigliserida dengan meningkatkan tingkat kolesterol HDL (kolesterol baik). Memiliki tingkat trigliserida tinggi yang bisa mencegah penyakit jantung, sehingga meningkatkan HDL. adanya zat betaine menurunkan kadar homosistein dalam tubuh yang juga bisa berbahaya bagi pembuluh darah. Dengan demikian, mengkonsumsi buah bit membantu mencegah penyakit kardiovaskular dalam berbagai cara, sehingga kondisi seperti ahterosclerosis, serangan jantung, dan stroke cenderung berkembang. Serat dalam buah bit juga bermanfaat bagi seseorang yang kelebihan kolesterol LDL dan membantu untuk menghilangkannya dari tubuh dengan cepat.

Mengurangi Cacat Lahir: Buah bit baik untuk wanita hamil karena merupakan sumber vitamin B folat yang membantu dalam pengembangan tulang belakang bayi. Kekurangan zat folat dapat menyebabkan berbagai kondisi yang disebut cacat tabung saraf, dapat membuat bayi lahir cacat.

Mencegah Kanker tertentu: Penelitian telah menunjukkan buah bit baik untuk mencegah kanker kulit, kanker paru-paru, dan kanker usus besar, karena mengandung senyawa betacyaninis pigmen, yang melawan pertumbuhan sel kanker. Nitrat digunakan dalam daging sebagai pengawet, dapat merangsang produksi senyawa nitrosamine dalam tubuh yang juga dapat menyebabkan kanker. Studi sekarang telah menunjukkan bahwa jus buah bit dapat menghambat mutasi sel yang disebabkan oleh senyawa ini. Para peneliti di Hongaria juga menemukan bahwa buah bit mampu melambat perkembangan tumor. Konsumsilah buah bit secara teratur, minimal seminggu sekali maka dapat menjaga tubuh Anda bebas dari kanker untuk waktu yang sangat lama.

Baik untuk Kesehatan Hati: Senyawa betain yang terkandung dalam buah bit dapat merangsang fungsi hati

Mencegah Masalah Pernapasan: Selain buahnya, akar dari buah bit juga merupakan sumber vitamin C yang membantu mencegah gejala asma. Beta karoten alami yang ada pada buah bit juga membantu untuk mencegah kanker paru-paru. Vitamin C juga merupakan antioksidan kuat yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain bertindak sebagai antioksidan itu sendiri dan melawan terhadap efek radikal bebas dalam tubuh, vitamin C juga merangsang aktivitas sel-sel darah putih, yang merupakan jalur utama tubuh untuk pertahanan terhadap benda asing, seperti virus, bakteri, jamur, dan protozoa beracun yang dapat mengakibatkan banyak infeksi dan penyakit. Vitamin C dapat mencegah pilek dan mengurangi kemungkinan kanker.

Mencegah Katarak: adanya senyawa beta-karoten, yang merupakan bentuk vitamin A, membantu untuk mencegah kebutaan akibat katarak karena terkait usia serta pengurangan degenerasi makula yang umum terjadi seiring bertambahnya usia. Vitamin A dianggap sebagai zat antioksidan kuat yang terlibat dalam berbagai kegiatan penting dalam tubuh.

Mencegah kerapuhan pembuluh darah: Senyawa flavonoid dan vitamin-C pada buah bit membantu untuk mendukung struktur kapiler.

Meningkatkan gairah seksual: Buah bit dianggap sebagai afrodisiak atau penguat seksual selama ribuan tahun. Bagian ini berasal dari fakta bahwa bit mengandung kadar signifikan dari mineral boron, yang telah terbukti untuk meningkatkan produksi hormon seksual.Senyawa ini dapat menyebabkan dorongan libido, meningkatkan kesuburan, peningkatan mobilitas sperma, dan pengurangan frigiditas di kamar tidur.

Meningkatkan Tingkat Energi: Buah bit mengandung sejumlah besar karbohidrat yang menyediakan energi untuk kegiatan olahraga. Ketika tubuh memiliki jumlah karbohidrat yang cukup, maka tubuh tidak akan mudah lelah dan juga termasuk reaksi metabolik penting yang menjaga sistem organ berfungsi secara efisien.

Para peneliti telah membuat sebuah penelitian yang berkaitan dengan buah bit, banyak senyawa yang terkandung dalam buah bit dapat meningkat kan kualitas oksigen dalam darah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyerapan oksigen meningkat hingga 16%.

Degenerasi makula: Zat beta-karoten yang ada pada buah bit dapat mengurangi atau memperlambat degenerasi makula di mata. degenerasi makula sering dikaitkan dengan peningkatan radikal bebas, yang secara drastis mempengaruhi proses penuaan dini pada banyak orang. Beta-karoten adalah senyawa dari vitamin A, yang memiliki kemampuan antioksidan dan mencegah mata dari efek radikal bebas.

Mencegah Stroke: Kekurangan kalium dalam tubuh meningkatkan risiko stroke. Oleh karena itu, buah bit kaya akan zat kalium mampu meningkatkan kesehatan jantung. Kalium disebut vasodilator, yangberfungsi untuk melemaskan pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah ke seluruh tubuh. 

Apa yang lebih mengesankan adalah bahwa penelitian telah menunjukkan efek yang akan mucul jika mengkonsumsi buah bit. Tekanan darah akan terus menurun selama 24 jam, bukan menurun pada tekanan darah yang berbahaya.

Pada zaman dahulu, buah bit digunakan untuk menyembuhkan demam dan sembelit. Pada Abad Pertengahan, bit juga digunakan sebagai obat untuk gangguan pencernaan. Daun bit baik untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

Catatan: Beets mengandung zat oksalat, yang bila dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan cairan tubuh mengkristal. Orang-orang dengan ginjal atau kandung empedu bermasalah harus menghindari umbi buah bit karena bisa memperburuk ginjal dan kandung kemih.

Apakah bit baik untuk tubuh?

Bua bit sangat baik untuk kesahatan. Kaya akan antioksidan yang membantu untuk mencegah kanker dan melawan peradangan. Buah bit kaya akan berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin C, zat besi dan magnesium. Zat ini juga meningkatkan kesehatan hati dan jantung. Terlepas dari buah bit hijau juga sangat baik untuk tubuh.

Apa itu buah bit?

Buah bit adalah bagian dari tanaman bit yang dikonsumsi. Buah ini juga dikenal sebagai bit merah, bit emas. Buah bit adalah salah satu varietas Beta vulgaris, yang dibudidayakan. Terlepas dari penggunaannya sebagai makanan itu digunakan sebagai tanaman obat dan juga untuk pewarna makanan.

Apa buah bit baik untuk tubuh?

Buah bit baik untuk menurunkan peradangan dan tekanan darah, juga membantu untuk detoksifikasi tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah masalah pernapasan. Pada buah bit hijau terdapat nutrisi seperti potasium, tembaga, magnesium dan vitamin A, K, dan C. Bit hijau juga membantu untuk mencegah resiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan stroke.

Cara memakan buah bit?

Buah bit dapat dimakan dengan berbagai cara. Tapi sebelum mengkonsumsinya harus . Hal ini dapat diiris dan ditambahkan ke salad atau hanya dimakan mentah. Anda bisa memanggang atau membuat acar menggunakan cuka. Cara lain untuk memakannya adalah dengan menambahkannya ke sup apapun.

Dapat memakan buah bit mentah?

Ya, Anda bisa makan bit mentah. Pertama harus menghlangkan kulit tipisnya, iris dan bilas dengan air garam, merica dan air jeruk nipis dan siap di santap. Anda juga dapat menambahkan untuk setiap salad dan mencampurnya dengan sayuran hijau.

Apakah acar dari buahbit baik untuk kesehatan?

Acar buah bit baik untuk kesehatan. Karena rendah lemak dan kaya akan serat makanan, karbohidrat dan mineral seperti kalium dan magnesium.

Berapa banyak kalori dalam buah bit?

1 cangkir (136 g) dari bit mentah mengandung 59 kalori. Juga mengandung berbagai mineral dan vitamin. 

Demikianlah berbagai macam manfaat sehat dari buah bit, terimakasih sudah membaca. Semoga bermanfaat.

6 komentar

Wih...
Baru tau buah bit ada khasiatnya :)
Thank...

buah biat kalau indonesia itu apa ya kak ?

Apakah dijual disupermarket atau pasar?


EmoticonEmoticon