Selasa, 14 Maret 2017

Manfaat Jeruk purut untuk tubuh

Tags

Zonacerdas.com - Jeruk purut atau jeruk limau dikenal sebagai penambah rasa dari masakan, adapun beberapa manfaat kesehatan yang paling penting dari jeruk purut termasuk kemampuannya untuk menjaga kesehatan mulut, detoksifikasi darah, meningkatkan kesehatan kulit, meningkatkan fungsi pencernaan, menangkal dari gangguan serangga, peradangan tingkat rendah, membantu sistem kekebalan tubuh, mengurangi stres, dan meningkatkan kesehatan rambut.
Berbagai macam nafaat dari jeruk perut atau limau untuk kesehatan tubuh, baca selengkapnya.
Jeruk purut

Jeruk Purut 

Jeruk limau atau purut adalah nama umum dari Citrus hystrix, buah tropis yang asli dari berbagai bagian daerah di Asia, termasuk Indonesia, Thailand, dan Filipina. Selain banyak kegunaannya untuk kuliner, karena uniknya rasa yang dihasilkannya, jeruk purut juga sangat sering dipakai dalam pengobatan herbal, karena kandungan tinggi senyawa organik yang positif dapat mempengaruhi sistem tubuh. Minyak, daun, buah, dan kulit jeruk purut semua dimanfaatkan untuk tujuan yang berbeda. Anda akan sering menemukan jeruk purut digunakan dalam sup dan saus, seperti Tom Yum , terutama daunnya yang sering digunakan dalam masakan Indonesia. Wangi dari aroma daun dan kulitnya begitu kuat, cocok digunakan dalam masakan yang berbahan amis seperi daging atau ikan.


Adanya rasa yang kuat yang dihasilkan oleh jeruk purut disebabkan karena tingginya konsentrasi alkaloid, sitronelol, limonene, nerol, dan senyawa organik lainnya di jeruk purut. Tidak hanya memberikan aroma dan rasa yang unik, tetapi juga berguna untuk kesehatan. Ekstrak minyak dari daun jeruk purut ini biasanya digunakan untuk tujuan pengobatan. Minyak ini sering dicampur ke dalam shampoo, sabun, salep, wewangian, dan produk kosmetik lainnya, sedangkan daun biasanya dioleskan. Sekarang mari kita lihat lebih dekat beberapa manfaat kesehatan dari jeruk purut.

Manfaat kesehatan jeruk purut

Menjaga kesehatan mulut: Penggunaan secara luas dari jeruk purut adalah dalam perlindungannya terhadap kesehatan mulut. Tetapi bukan buahnya yang harus di gunakan, tetapi kulit dan daun. Daun dapat langsung digosok ke gusi untuk meningkatkan kesehatan mulut yang baik dan menghilangkan bakteri berbahaya yang dapat berkembang di mulut. Minyak yang diekstrak dari jeruk purut juga dapat dicampur dengan pasta gigi organik dan obat kumur untuk perawatan mulut dan gusi supaya lebih kuat.

Detoksifikasi Darah: Minyak dari jeruk purut sering dicampur dalam berbagai obat bagi mereka yang menderita penyakit yang ditularkan melalui darah atau penyakit yang berhubungan dengan darah kronis. Campuran unik dari senyawa volatil dikenal untuk menghilangkan patogen atau zat asing yang terdapat dalam darah, sementara juga membantu hati dan limpa menyaring zat berbahaya dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Masalah pencernaan: Ada beberapa komponen yang ditemukan dalam jeruk purut yang juga ditemukan dalam serai. Manfaatnya yang lain merangsang sistem pencernaan agar lancar. Jika Anda menderita sembelit atau gangguan pencernaan, beberapa rebusan jeruk purut dapat menghilangkannya. Dan dapat membantu mencegah masalah pencernaan yang lebih serius di masa depan, seperti kanker kolorektal, wasir, atau ulkus lambung.

Penyakit yang di bawa serangga: Di negara-negara di mana jeruk purut secara tradisional tumbuh, penyakit yang terbawa serangga bisa membunuh ribuan orang setiap tahun. Untuk itu, jeruk purut sering digunakan untuk mengusir serangga. Zat sitronelol dan limonene, ketika Anda meletakkan lotion atau salep yang mengandung jeruk purut pada kulit, Anda dapat secara signifikan mengurangi dampak  karena digigit oleh serangga, atau mengusirnya sehingga tidak mengigit.

Perawatan Kulit: Ekstrak jeruk yang dicampur ke dalam banyak bahan kosmetik dan sabun menghasilkan aroma yang wangi, serta mengandung antioksidan untuk mnejaga kulit agar tetap indah. Beberapa asam yang ditemukan dalam jeruk purut dapat membantu untuk menetralkan efek radikal bebas, melindungi dari radiasi seluler, serta kanker. Senyawa antioksidan juga memperlambat kerusakan sel dan meminimalkan munculnya keriput, bekas luka, dan jerawat. Jika Anda ingin kulit terlihat sehat sampai usia tua, mungkin beberapa air jeruk dapat anda konsumsi.

Mengobati peradangan tenggorokan: Untuk mereka yang menderita rematik, arthritis, edema, asam urat, atau kondisi peradangan lainnya, jeruk purut dapat menjadi obat yang sangat efektif. Anda dapat menggunakan jus, daun, atau ekstrak minyak topikal pada daerah di mana mengalami ketidaknyamanan atau nyeri, dan Anda juga dapat mengkonsumsi buah dan jus untuk menikmati efek yang sama. efek anti-inflamasi ini juga membuat air jeruk nipis bermanfaat untuk meringankan sakit kepala dan migrain.

Meringankan Stres: Meskipun kebanyakan orang tidak berpikir dari jeruk purut sangat berguna dalam aromaterapi, minyak yang diekstrak dapat digunakan untuk aromatically dengan efek untuk menenangkan. Jika Anda menderita cemas atau mengalami gangguan saraf, maka coba hirup uap dari jeruk purut untuk menenagkan pikiran dan tubuh.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh: Zat antibakteri dan antioksidan dari jeruk purut sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya untuk mencegah infeksi dan bakteri yang ada pada kulit, tapi ketika dikonsumsi, jeruk purut dapat membantu mencegah berbagai penyakit pencernaan dan merangsang sistem kekebalan tubuh melalui efek antioksidan.

Kesehatan Rambut: Salah satu manfaat yang jarang diketahui dari jeruk purut. Kita dapat menerapkan decoctions dan campurannya ke kulit kepala dan rambut untuk memperlambat timbulnya kebotakan untuk laki-laki dan memperkuat folikel rambut. Dan juga melembabkan kulit untuk mencegah ketombe .

Karena manfaat dari minyak yang diekstrak dari jeruk purut, tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara langsung, karena dapat menyebabkan mual, muntah, pusing ringan, dan efek samping yang tidak menyenangkan lainnya. Saran kami adalah selalu mencampur minyak dengan air atau zat pengencer lain. Selain itu, tidak ada efek samping yang dilaporkan dari penggunaan jeruk purut. Seperti halnya obat herbal lain, di anjurkan melakukan konsultasi dengan dokter atau pakar kesehatan sebelum mencobanya.

Terimakasih sudah membaca artikel kami tentang manfaat jeruk purut untuk kesehatan tubuh,semoga bermanfaat.

1 komentar so far


EmoticonEmoticon