Senin, 20 Maret 2017

Manfaat biji dan kacang

Tags

Zonacerdas.com - Biji dan kacang sering dikelompokkan ke dalam kategori yang sama, dan jenisnya sangat beragam, mereka memiliki manfaat kesehatan yang relatif sama, termasuk kemampuannya untuk meningkatkan kualitas pencernaan, melindungi jantung, mencegah penyakit kronis, mengurangi risiko diabetes, membangun tulang yang kuat, meningkatkan kekebalan tubuh, melawan kanker dan merangsang pertumbuhan.

Beberapa kacang yang paling umum termasuk kacang almond, walnut, pecans, kacang Brasil, kacang pinus dan kacang mete. Varietas benih yang paling populer adalah biji rami, biji bunga matahari, biji labu dan biji wijen. Semua varietas ini relatif mudah untuk ditemukan di sebagian besar toko kelontong atau makanan, dan dapat memenuhi banyak kebutuhan gizi tubuh kita. Kebanyakan jenis jenis kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung asam organik, seperti asam amino dan asam lemak omega-3, serta serat dan mineral, termasuk selenium, magnesium, seng, kalsium dan fosfor. 
Manfaat biji dan kacang
Biji dan kacang

Manfaat Kesehatan Dari Biji-bijian Dan Kacang

Meningkatkan Imunitas: Zinc dan selenium merupakan zat yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kedua mineral ini memainkan peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat dan kuat, namun banyak orang yang kekurangan mineral ini. Selenium dianggap sebagai mineral, dan tidak ditemukan dalam sejumlah besar makanan, tetapi ditemukan dalam banyak jenis biji dan kacang. Selain itu, antioksidan yang ditemukan dalam banyak kacang bertindak sebagai penguat sistem kekebalan tubuh, bersama dengan omega-3 asam lemak, yang dapat mengurangi peradangan dan menurunkan ketegangan pada pertahanan tubuh. Biji labu sangat tinggi akan zat seng dan selenium, serta omega-3 dan karotenoid lainnya, membuatnya menjadi pilihan yang sangat baik jika ingin mencegah demam.

Meningkatkan Proses Pencernaan: Hampir semua biji-bijian dan kacang-kacangan memmpunyai serat yang cukup bagi tubuh, yang memiliki segudang efek pada kesehatan kita. Serat pangan terutama yang berhubungan dengan pencernaan, karena dapat membantu untuk merangsang gerak peristaltik, dan pergerakan makanan melalui usus. Hal ini juga dapat membantu untuk meningkatkan efisiensi serapan hara untuk makanan yang di makan, berarti jika kita mendapatkan lebih banyak nutrisi. Serat makanan juga sangat penting untuk mengatur diabetes dan menurunkan kadar kolesterol. Beberapa biji dan kacang-kacangan dengan serat paling banyak termasuk almond, pistachio dan kacang pecan.

Melindungi Kesehatan Jantung: Mayoritas biji-bijian dan kacang-kacangan mengandung asam lemak penting, yaitu omega-3. Dengan meningkatkan keseimbangan kolesterol dalam tubuh Anda, Anda secara signifikan dapat mengurangi peradangan dalam tubuh, berarti bahwa Anda dapat menurunkan kemungkinan terkena aterosklerosis. Penumpukan plak di arteri dan vena dapat meningkatkan peluang mengalami serangan jantung atau stroke. Biji dan kacang-kacangan yang paling banyak mengandung omega-3 termasuk kacang Brasil, kacang pistachio, walnut, biji rami. Selain itu, asam amino yang terkandung dalam kenari dan fitokimia dalam biji bunga matahari dikenal untuk mencegah penyakit pembuluh darah dan meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Memperkuat Tulang: Semua biji dan kacang-kacangan mengandung kadar mineral penting yang diperlukan tubuh, termasuk fosfor, kalsium, tembaga, selenium dan seng. Sementara jumlahnya bervariasi. Dengan mengkonsumsi kacang membantu mencegah penyakit yang berkaitan dengan usia seperti osteoporosis dan osteoarthritis, dengan memastikan bahwa kepadatan mineral tetap pada tingkat normal, bahkan saat usia bertambah. Biji dan kacang-kacangan juga dapat melindungi kesehatan gigi.

Mencegah Penyakit Kronis: Banyak biji dan kacang-kacangan, seperti almond dan biji bunga matahari, telah menunjukkan sifat anti-tumor bila dimakan secara teratur.

Merangsang Pertumbuhan dan Perkembangan: Biji dan kacang-kacangan kaya akan asam amino dan protein nabati, yang keduanya penting bagi pertumbuhan dan perkembangan manusia. Asam amino dapat disusun kembali dan diproses oleh tubuh untuk membuat protein hewani untuk tubuh kita dan berfungsi sebagai metabolisme, pertumbuhan otot, pertumbuhan tulang dan peningkatan kognitif.


Mencegah Resiko Diabetes: Dengan mengatur tingkat insulin dan glukosa dalam tubuh, dengan mengatur kecepatan pencernaan, biji-bijian dan kacang-kacangan dapat mencegah gula darah atau diabetes. 

Mengurangi Peradangan: Seperti yang disebutkan, banyak biji dan kacang-kacangan dapat mengurangi peradangan di seluruh tubuh akibat pengaruh asam lemak omega-3, tapi ini juga dilakukan melalui vitamin dan mineral.

Beberapa biji dan kacang-kacangan memiliki kemampuan untuk mempengaruhi neurotransmitter di otak kita, dan juga menyeimbangkan hormon dalam tubuh kita. Kacang mete, misalnya, merupakan sumber yang sangat baik dari tryptophan, yang dapat menenangkan pikiran Anda dengan serotonin, sehingga menghilangkan hormon stres dari tubuh dan mengatur suasana hati.

Demikianlah beberapa manfaat dari biji dan kacang semoga bermanfaat. Terimakasih sudah membaca. 

18 komentar

wah.... sangat bermanfaat nih artikelnya

bermanfaat sangat gan.....thx infonya

kalo bisa request dong cara mengolah kacang2an biar jadi makanan sehat heheh

Wah ternyata bagus buat tulang juga ya,,, makasih nih infonya...

dulu pikirnya kacang cuman bikin jerawat ternyata banyak manfaatnya yaa ..
makasih sebelumnya :)

Wah, artikelnya sangat bermanfaat gan, makasih!

salam.

Wah ternyata biji dan kacang bermanfaat juga untuk kesehatan jantung ya 😊

biji sama kacang ada efek sampingnya ga ?

kebetulan ane vegetarian
kacang2an ini paling kaya protein :)

Kacang Brazil dan Almond itu termasuk yang laris, soalnya ane jual. Konsumen pada suka, memang kacang2an banyak manfaatnya.

Kacang goreng ntap jiwa tuh gan Nikmattttt wkwk

Thanks infonya gan bermanfaat


EmoticonEmoticon