Minggu, 19 Maret 2017

Manfaat kesehatan dan kandungan gizi bayam

Tags

Beberapa manfaat kesehatan yang paling unik dari bayam termasuk kemampuannya untuk merangsang pertumbuhan dan perbaikan sel tubuh, mengurangi peradangan, mencegah penyakit kronis tertentu, meningkatkan kekuatan tulang, menurunkan tekanan darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi munculnya varises, menjaga kesehatan rambut.
Manfaat kesehatan dan kandungan gizi bayam
Daun bayam

Bayam

Meskipun banyak varietas bayam dianggap sebagai gulma, ada beberapa varietas dalam genus yang dibudidayakan sebagai sayuran berdaun dan jenis sereal gandum, serta untuk minyak esensial yang dapat dijual. Bayam yang dikategorikan dalam genus Amaranthus, benih-benih tanaman bayam telah dihargai selama ribuan tahun, terutama oleh budaya asli Amerika Tengah dan Meksiko. budaya kuno tergantung pada bayam sebagai bahan pokok utama dari diet mereka, karena konsentrasi tinggi dari protein, mineral, dan vitamin. Sejak saat itu telah diekspor ke bagian lain dari dunia, termasuk Eropa dan Amerika Utara.

Baca juga: Manfaat jeruk purut

Daun dan biji bayam bermanfaat untuk kesehatan manusia. Apakah Anda memilih untuk mengkonsumsi bayam sebagai sayuran, biji-bijian sereal, atau tepung gandum tergantung pada apa manfaat kesehatan yang di cari. Akar bayam sendiri juga dikonsumsi sebagai sayuran dan memiliki campuran yang kaya mineral dan nutrisi. Mengingat fleksibilitas dan konsentrasi tinggi antioksidan dan pitosterol, mari kita bahas berbagai macam manfaat bayam.

Manfaat kesehatan bayam

Protein: Protein merupakan senyawa yang banyak terdapat dari bayam yang membuatnya menjadi sumber makanan berharga. Konsentrasi protein yang tinggi berarti bahwa tubuh dapat mengubah protein-protein tanaman menjadi asam amino yang dapat digunakan dan direformasi menjadi protein yang dapat digunakan tubuh. Protein sangat penting untuk pertumbuhan dan penciptaan sel-sel baru, serta untuk kebutuhan energ dan fungsi metabolisme. Bayam mengandung konsentrasi protein lebih tinggi dari hampir semua biji-bijian lain.

Antioksidan: Kebanyakan orang menyukai bayam karena kandungan protein-nya yang tinggi, ada penelitian baru mengungkapkan bahwa bayam juga mengandung peptida yang juga telah diidentifikasi di kedelai yang dapat mengurangi peradangan dalam tubuh dan bahkan mencegah aktivitas radikal bebas yang dapat menyebabkan sel-sel sehat untuk bermutasi menjadi sel kanker. Ini adalah manfaat yang kurang diketahui dari bayam, salah satu perkembangan baru yang paling menarik dalam penelitian bayam baru-baru ini. molekul anti-inflamasi ini juga dapat membantu untuk meringankan kondisi seperti arthritis, gout, dan jenis peradangan lainnya.

Perkembangan Tulang: Daun bayam mengandung berbagai mineral, termasuk kalsium. Sangat sedikit sayuran berdaun yang mengandung kadar kalsium yang tinggi, didalam bayam kita menemukannya.

Kesehatan Pencernaan: Mengkonsumsi bayam dapat melancarkan proses pencernaan, termasuk kandungan serat yang tinggi yang terdapat didalamnya, menghasilkan pencernaan makanan dan membantu penyerapan yang efisien dari mineral. 

Varises: Bayam mengandung banyak flavonoid, senyawa ini bisa menghilangkan varises dengan memperkuat dinding kapiler. Dalam sayuran bayam terdapat banyak vitamin C, komponen integral dalam produksi kolagen, yang juga membantu memperbaiki dan memperkuat dinding pembuluh darah.

Menjaga Kesehatan Mata: Tingkat signifikan dari karotenoid dan vitamin A yang ditemukan dalam daun bayam mempunyai manfaat yang besar untuk kesehatan mata, sebagai antioksidan ini dapat mencegah degenerasi makula dan menghentikan perkembangan katarak. Dengan menurunkan stres oksidatif dalam sistem mata, bayam dapat membantu menjaga mata agar sehat dan kuat selama bertahun-tahun yang akan datang.

Cacat Lahir: Folat sangat penting bagi ibu hamil. kekurangan folat dapat mengakibatkan cacat saraf

Seperti sayuran hijau lainnya, daun bayam mengandung senyawa oksalat. Untuk itu, jika Anda menderita batu ginjal atau batu empedu, bayam bisa memperburuk penyakit ini. Sebaiknya hindari makan bayam jika mempunyai penyakit seperi diatas.

Demikianlah beberapa manfaat bayam untuk kesehatan, terimakasih sudah membaca. Semoga bermanfaat.

4 komentar

salah satu sayuran yang selalu ada kalau saya makan

semua sayuran mempunyai banyak manfaat tapi saya tidak suka sayuran hahaha

mantap jadi semangat makan sayur


EmoticonEmoticon