Minggu, 05 Maret 2017

Manfaat mengkonsumsi yogurt secara rutin

Tags

Zonacerdas.com - Pernahkah kamu mencoba minum yogurt? bagaimanakah rasanya? Yogurt merupakan minuman olahan dari susu kemudian di fregmentasi sedemikian rupa hingga siap untuk dikonsumsi. Yogurt awalnya muncul pada abad ke-19, yogurt ini merupakan  minuman tradisional dari masyarakat balkan dan timur tengah.

Dan apa sajakah manfaat kesehatan dari yogurt?

Pertama, kita harus tahu jika yogurt berasal dari susu. Jadi seseorang yang mengkonsumsi yogurt akan mendapatkan dosis protein hewani (sekitar 9 gram per 6-ons porsi), ditambah beberapa nutrisi lain yang ditemukan dalam produk susu, seperti kalsium, vitamin B-2, vitamin B-12, potasium, dan magnesium.

Umumnya banyak dari kita yang mengetahui jika yogurt merupakan minuman "probiotik." Probiotik adalah "bakteri sehat" yang secara alami ada dalam sistem pencernaan. strain hidup ini "bakteri baik" juga ditemukan dalam banyak produk yogurt. Sementara penelitian lebih lanjut perlu dilakukan, ada beberapa bukti bahwa beberapa strain probiotik dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memmbuat saluran pencernaan sehat.

Berbicara tentang probiotik, ada berita baru-baru ini ketika gugatan class action diajukan terhadap Dannon untuk perusahaan Activia dan DanActive produk, di mana perusahaan menggunakan merek dagang strain probiotik. Activia adalah yogurt yang dipasarkan karena terbukti secara klinis untuk membantu mengatur sistem pencernaan bila dikonsumsi setiap hari selama dua minggu, sementara DanActive adalah minuman yang dipasarkan karena terbukti secara klinis untuk membantu memperkuat sistem pertahanan tubuh, menurut situs web perusahaan.

Gugatan yang diajukan oleh sebuah firma hukum California, menuduh bahwa Dannon terlibat dalam kampanye iklan besar-besaran yang menipu tentang produk-produk "klinis" dan manfaat kesehatan "ilmiah" terbukti tidak tersedia di yogurt lainnya. Tetapi Dannon menantang gugatan tentang Manfaat ilmiah yang di buktikan dari merk Dannon sudah dikonfirmasi tidak hanya oleh jurnal ilmiah yang sudah di tinjau, tetapi juga oleh jutaan konsumen yang sangat puas karena menikmati produk Dannon ini," kata salah karyawan perusahaan dalam sebuah rilis berita.

Terlepas dari sengketa ini, manfaat kesehatan dari yogurt begitu mengesankan karena banyak orang yang sadar kesehatan membuatnya menjadi kebiasaan sehari-hari. Dan setiap tahun, lebih banyak penelitian diterbitkan dan menambah wawasan tentang manfaat kesehatan dari mengkonsumsi yogurt.
Manfaat mengkonsumsi yogurt secara rutin
Olahan dari yogurt

Manfaat 1: Yogurt menyehatkan saluran pencernaan
Ada beberapa bukti bahwa yogurt dengan kultur aktif dapat membantu kondisi pencernaan tertentu, termasuk:
  1. Intoleransi laktosa
  2. Sembelit
  3. Diare
  4. Kanker usus besar
  5. Penyakit radang usus
  6. Infeksi H. pylori
Itulah hasil penelitian dari para peneliti Jean Mayer AS  Department of Agriculture Human Nutrition Research Center  di Tufts University menyimpulkan dalam sebuah artikel. Manfaat dianggap karena:
  • Perubahan mikroflora dalam usus
  • Saat makanan dibutuhkan saat melalui usus.
  • Peningkatan sistem kekebalan tubuh 
Dalam studi baru-baru ini, beberapa orang yang mengonsumsi antibiotik yang menderita diare sebelumnya, menjadi berkurang ketika peserta studi minum minuman yang mengandung tiga probiotik ini (L. casei, L. bulgaricus, dan S. thermophilus).
Manfaat 2: Beberapa Probiotik Strain Dapat Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Sementara banyak yang mempelajari tentang probiotik dan sistem kekebalan tubuh, studi terbaru menunjukkan bahwa strain probiotik tertentu menawarkan beberapa keuntungan:
  1. Salah satu artikel review menunjukkan probiotik dapat membantu mengobati penyakit inflamasi usus dengan mengubah mikroflora usus dan mengurangi respon sistem kekebalan tubuh yang dapat memperburuk penyakit.
  2. Penelitian menunjukkan probiotik lain dapat meningkatkan resistensi terhadap pemulihan dari infeksi. Pada penelitian terhadap orang tua, peneliti menemukan bahwa durasi dari semua penyakit secara signifikan lebih rendah dalam kelompok yang mengonsumsi probiotik tertentu yang ditemukan dalam susu fermentasi. Mereka melaporkan penurunan 20% dalam panjang infeksi musim hujan (termasuk pencernaan dan infeksi saluran pernapasan).
  3. Yogurt mengandung dua probiotik, lactobacillus dan Bifidobacterium, ditemukan untuk meningkatkan keberhasilan terapi obat (menggunakan empat obat tertentu) pada 138 orang dengan infeksi H. pylori menurut sebuah studi baru-baru ini di Taiwan. H. pylori adalah bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada lambung dan bagian atas dari usus kecil. Hal ini dapat menyebabkan bisul dan dapat meningkatkan risiko berkembangnya kanker usus.
Manfaat 3: Yogurt Dengan Active cultures Mencegah Infeksi Vagina
Infeksi Candida atau "ragi" pada vagina adalah masalah umum bagi wanita dengan penyakit diabetes. Dalam sebuah penelitian, tujuh wanita diabetes dengan vaginitis candida kronis mengkonsumsi 6 ons yogurt beku aspartam-manis per hari.

Meskipun sebagian besar perempuan memiliki kontrol gula darah yang buruk selama penelitian, pH vagina (ukuran keasaman atau kebasaan) dari kelompok makan yogurt dengan kultur aktif turun 6,0-4,0 (pH normal adalah 4,0-4,5). Wanita-wanita ini juga melaporkan penurunan infeksi candida. Para wanita makan yogurt tanpa kultur aktif tetap pada pH 6,0.

Manfaat 4: Yogurt Bantu Cegah Osteoporosis
"Nutrisi yang cukup berperan besar dalam pencegahan dan pengobatan osteoporosis, dan mikronutrien penting adalah kalsium dan vitamin D," kata Jeri Nieves, PhD, MS, direktur tes kepadatan tulang di Rumah Sakit Helen Hayes New York.

Kalsium sudah terbukti memiliki efek menguntungkan pada massa tulang untuk orang dari segala usia, meskipun hasilnya tidak selalu konsisten, kata Nieves, juga asisten profesor epidemiologi klinis di Columbia University.

"Kombinasi kalsium dan vitamin D memiliki manfaat yang jelas, memberikan dosis vitamin D cukup tinggi," tambahnya.

Saat ini, 400 IU per hari dianggap sebagai asupan vitamin D untuk orang-orang pada usia 51-70 tahun, kata Nieves.

Nieves percaya bahwa orang tua secara khusus bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak jika mengkonsumsi vitamin D.

Banyak produk susu, termasuk yogurt, dibuat dengan menambahkan vitamin D. Cari tahu merek yogurt yang mengandung vitamin D dengan memeriksa tabel di bawah kemasan, dan dengan membaca label saat Anda berbelanja.

Manfaat No. 5: Yogurt Mengurangi Risiko Tekanan Darah Tinggi
Sebuah studi yang diikuti lebih dari 5.000 lulusan universitas di Spanyol selama dua tahun, menemukan hubungan antara asupan susu dan risiko tekanan darah tinggi.

"Kami melihat penurunan 50% dalam risiko terkena tekanan darah tinggi di antara orang yang mengkonsumsi 2-3 porsi susu rendah lemak sehari (atau lebih), dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya ," Alvaro Alonso, MD, PhD, seorang peneliti di departemen epidemiologi di Harvard School of Public Health, mengatakan dalam sebuah wawancara email.

Meskipun sebagian besar susu rendah lemak yang dikonsumsi oleh subyek penelitian adalah susu, Alvaro percaya jika yogurt rendah lemak kemungkinan akan memiliki efek yang sama. Peneliti Belanda baru-baru ini melaporkan bahwa konsumsi susu tinggi (terutama dari susu dan yogurt) yang sederhana terkait untuk menurunkan tekanan darah.

This Is The Oldest Page

6 komentar

saya biasa makan buah2an untuk pencernaan juga sih
buat yogurt agag ribet hahaha
keep sharing

Baru tau yogurt bisa cegah osteoporosis. Hehehe aneh rasanya.tapi thanks infonya gan

Jujur aja gan..sampe sekarang ane belum pernah makan yogurt :D.. maklum di desa gaka ada gituan :D.. paling bantet makan kolak pisang :D. Btw nice info.. bermanfaat banget blognya.. (y)

Sayang Gua Kgak suka yogurt
aduh

Jangan lupa di visit http://microify.com/8nQ


EmoticonEmoticon